Total Tayangan Halaman

Kamis, 31 Oktober 2013

ARAB BELUM TENTU ISLAM.




AGAMA ITU ADALAH HATI
BUKAN SAYA JUGA BUKAN ANDA.

Mohon maaf sebelumnya postingan ini bukan untuk mengkritik atau mendiskriminasikan seseorang atau Agama.
saya hanya seseorang yang selalu ingin belajar dan belajar, postingan ini hanya untuk berbagi sebuah perbedaan ajaran Agama. bilamana ada kesalahan mohon dimaafkan juga diberikan masukan kritik dan saran. agar kita bisa belajar memahami, mengerti dan tidak tersesat di lembah kemusyrikan agama. Amin.

menurut pendapat saya, Agama itu adalah buah hati dimana kita sudah ditakdirkan berjalan disitulah kita ditempatkan, hanya kita harus menghilangkan keraguan dan menambahkan kepercayaan, disini saya hanya manusia biasa yang berjalan mudah tersesat sekalipun memakai gps yang memakai jaringan ga gaul dan peta letaknya seribu jalur sulit untuk dimengerti untuk orang seperti saya.

tapi manusia hanya ditakdirkan untuk hidup dan mencari jati dirinya sendiri, hanya sedikit yang dapat anugerah bimbingan dari Maha Pencipta, tapi kebanyakan manusia dikendalikan nafsu iblis. yang benar dijadikan salah, yang salah dijadikan benar. hidup untuk berbuat dosa dikalahkan bujukan rayuan godaan iblis. tapi semua itu hanyalah hati yang bisa mengatur semua manusia.

dan disini saya coba membahas untuk saya yang tidak bisa berbahasa arab juga tidak mengerti bahasa arab apakah bacaan doa saya sudah benar menurut kitab suci Al-Quran. dan buku-buku bimbingan belajar tata cara shalat dan bacaannya yang berbahasa arab yang juga peredarannya mudah didapatkan, apakah itu juga bisa dipertanggung jawabkan, tidak bisa kan, ya diri ini lah yang bertanggung jawab sendiri nantinya, hanya seorang yang selalu mencari, belajar dan mendalami agama lah yang akan mungkin bisa lebih mengerti.

Coba kita perhatikan kaligrafi tulisan arab yang indah ini :

Pernahkah anda memperhatikan didalam kitab suci anda
huruf ARAB ALIF, Ba dst atau itu adalah sebuah tanda SALIF
Apakah anda tahu dan mengerti kaligrafi tersebut apakah itu kutipan dari ayat Al Qur'an?
menurut saya itu do'a baku agama Kristen orthodox. mungkin anda akan lebih paham bila Kaligrafi do'a agama Kristen tersebut akan mudah dideteksi jika kaligrafinya seperti ini :




saya membahas ini agar saya lebih memahami kita ummat Islam, agar tidak terkecoh bahwa segala sesuatu yang bernuansa Arab, entah budaya bahasa atau adat istiadat arab semua apakah itu ajaran Islam?. apakah anda meanggap para Pejuang Palestina, irak atau yang bernuansa arab itu semua beragama Islam, tidak semua golongan maupun situs yang berteriak "Save Palestina dll" itu beragama Islam,. Yang diharapkan ummat Islam tidak akan menjadikan sebuah agama menjadi isu sebagai kendaraan politik.

Apakah yang menjadikan Agama itu ortodhox atau fanatik?

Jangan jadikan Agama itu sebuah ortodhox atau fanatik yang memaksakan kehendak seseorang memilih jalannya menuju jalan yang diridhai-Nya.

disini ada perbedaan dan juga hampir ada persamaan.
Kristen Orthodox.

Kristen orthodox bisa dibilang Kristen yang masih berpegang pada akar kekristenan awal (Nashrani), yang tidak banyak terkontaminasi oleh gesekan budaya dari Helenisme (Yunani) maupun Westernisme (Romawi), jadi tak ada nama Yesus dalam kitab mereka, mereka mengenalnya sebagai Isa Al Masih. dan mereka menganggap bahwa Isa Al Masih adalah titisan Allah.

perhatikan gambar berikut, beberapa contoh aktifitas Kristen Orthodox (Koptik) Mesir, tempat ibadah agama kristen orthodhox jika saja tanda salibnya dihilangkan, dan di dindingnya berkaligrafikan tulisan arab berbusanakan gamis memakai sorban, kopiah atau peci juga wanita nya memakai jilbab (berhijab) dan sembahyang, tentu anda menyangka itu aktifitas ummat Islam :



Gereja Koptik (Kristen Orthodox) Mesir.


Umat Koptik (Kristen Orthodox Mesir), juga pakai sorban kopyah/peci.


Misa Jemaat Koptik Mesir 
juga pakai sorban kopyah/peci.


Kristen Koptik Mesir, berdo'a.


Sebuah Keluarga Koptik berziarah di Goa Maria.

Dan berikut beberapa gambar aktifitas Kristen Orthodox di Syria dan Rusia :



Gereja Orthodox Rusia kubah emas.


Katedral St. Sophia (Harbin, China), Gereja Orthodox terbesar.


Kristen Orthodox, juga berjilbab.


Kristen Orthodox, irak berdo'a


Kristen Orthodox Iraq berdoa.


Kristen Orthodox Rusia


Kristen Orthodox Syiria


Kristen Orthodox di Indonesia.



Kita akan tahu bagaimana aktifitas mereka, sholat, puasa dan merekapun mengadakan MTI (Majelis Tilawah Injil) yang tentu saja berbahasa Arab. Mereka juga terbiasa mengucap salam "Shalom Aleikhem", membiasakan diri dengan bahasa Arab keseharian (ana, antum, akhy, ukhty, syukron, afwan, dsb...), membiasakan diri menulis kaligrafi Arab. Yang lebih halus lagi, mereka sangat aktif berteriak "Save Palestina", berpropaganda akan datangnya Imam Mahdi, dan mengajak menanti nanti datangnya sang Al Masih.


Kitab Kristen orthodox

Sebagai pelengkap, mungkin video dari Mbak You Tube akan menambah wawasan kita, dan sebagai bukti bahwa semua itu ada.




Amalan Sholat Kristen Orthodox

Sembahyang agama kristen orthodox

Lambang agama kristen orthodox

sembahyang jemaah kristen orthodox

Kitab agama kristen orthodox

Biografi

membaca sebuah ayat dalam al-Qur'an, di dalam ayat tersebut disebutkan bahwa istilah "Islam" sudah muncul sebelum Nabi Muhammad saw:

"...(Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (al-Qur'an) ini..."
[Q.S. al-Hajj 22:78]
saya pun menemukan "jejak-jejak ajaran Ibrahim" seperti adanya amalan shalat, zakat dan seruan untuk beriman dengan teguh kepada Allah SWT. Hal ini bisa kita lihat pula dalam kelanjutan ayat ini:

"...(Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (al-Qur'an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia,maka dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik- baik Penolong."
[Q.S. al-Hajj 22:78]

sedikit membaca dari kisahnya salah atau benar Wallahu'alam bishshawab Nabi Ibrahim as. dikenal di kalangan umum sebagai "Bapak Dari Tiga Agama: Yahudi, Nasrani, dan Islam". Hal ini berarti terdapat suatu garis merah ajaran yang sama dari ketiga agama tersebut yang dibawa pertama kali oleh Nabi Ibrahim as. 

banyak juga perbedaan yang mengambil dan mungkin salah menafsirkan jejak-jejak ajaran Nabi Ibrahim as. dari ketiga agama tersebut, mungkin akan terlalu banyak bila diuraikan, bisa anda telusuri melalui Google dengan keyword "KOS: Serupa Tapi Tak Sama":

Amalan Sholat Pada Kristen Orthodox Syria dan Rusia

Informasi yang didapatkan Sebuah sekte dalam agama Kristen orhodox, praktik peribadatannya nyaris sama dengan Islam. Orang awam sulit membedakan. Saat Maghrib telah tiba. Belasan orang di Hotel Sahid Surabaya itu bergegas shalat. Semuanya berkopiah dan dipimpin seorang imam. Jangan keliru, mereka bukan kaum Muslimin yang sedang menunaikan kewajiban shalat Maghrib. Mereka adalah jamaah Kanisah/Khasanah/Kristen Ortodok Syiria (KOS), sebuah sekte dalam agama Kristen.

Tengoklah saat mereka shalat. Selain berkopiah dan dipimpin seorang imam, bila berjamaah, juga memakai bahasa Arab. Rukun shalatnya pun nyaris sama. Ada ruku' dan sujud.

Bedanya, bila kaum Muslimin diwajibkan shalat 5 kali sehari, penganut KOS lebih banyak lagi, 7 (tujuh) kali sehari setiap 3 (tiga) jam masing-masing 2 (dua) rakaat, mereka menyebutnya:

Sa'atul Awwal (Fajar/Subuh),
Sa'atuts Tsalis (Dhuha),
Sa'atus Sadis (Dhuhur),
Sa'atut Tis'ah (Ashar),
Sa'atul Ghurub (Maghrib),
Sa'atun Naum (Isya'),
Sa'atul Layl (Tengah Malam).

Istilah-istilah dalam bahasa Arab tersebut dimaklumi karena jamaah ini memang awalnya berasal dari Syria yang notabene berbahasa Arab. Berikut timeline perjalanan komunitas Kristen Orthodox Syria:


Tak hanya ditemukan di Indonesia saja, saat ini komunitas terbesar jamaah ini berada di Rusia. Foto-foto di bawah ini saya dapatkan dari situs Voices from Russia yang menyebutkan bahwa foto-foto ini menunjukkan peribadatan "Prayer of St Ephrem the Syrian" di sebuah gereja di Rusia.


Sembahyang Kristen Orthodox
Kristen Orthodox Berdoa 
Kristen Orthodox Berdoa
Bahkan bila kita jeli melihat foto-foto tersebut, maka ada kemiripan lainnya yang juga akan kita temukan di antaranya : para wanitanya berkerudung dan berdoa dengan dua tangan terbuka ke atas. Begitu pula bila kita lihat foto-foto komunitas jamaah ini di Surabaya dan Jakarta, akan terlihat kaum lelakinya berkopiah juga:


Kristen Orthodox jemaah
Hal yang sama juga pada praktik puasa. Puasa wajib bagi pemeluk Islam dilakukan selama sebulan dalam setahun, dikenal dengan Shaumu Ramadhan. Sedang pada KOS disebut Shaumil Kabir (puasa 40 hari berturut-turut) yang dilakukan sekitar bulan April.

Jika dalam Islam ada puasa sunah Senin-Kamis, pada KOS dilakukan pada Rabu-Jum'at, dalam rangka mengenang kesengsaraan Kristus.

Selain shalat dan puasa, jamaah Kristen orthodox juga mengenal ajaran zakat. Zakat, dalam ajaran Kristen orthodox  adalah sepersepuluh dari pendapatan bruto.

bila anda masih penasaran untuk informasi lebih lanjut jamaah Kristen orthodox ini silahkan kunjungi situs resminya di Institute For Syriac Christian Studies (ISCS).

Wallahu'alam bishshawab

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya'qub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam". [Q.S. al-Baqarah 2:132]

2 komentar:

  1. sy hanya mengingatkan, surat al baqarah itu turun pada zaman siapa? tentunya pd zaman "nabi" muhamad, dan itu berarti bukan perkataan atau ucapan Ibrahim. bila Ibrahim tidak pernah menulis surat al baqarah, dan memiliki rentang zaman yang jauh dari muhamad, lantas siapakah yang berbohong dlm ayat tersebut?

    BalasHapus
  2. Saya juga hanya membaca dan mencoba mempelajari, sedikit membaca dari kisahnya salah atau benar Wallahu'alam bishshawab...

    BalasHapus